CERITA ASAL USUL NEGERI LEMPUR KARYA DIAJENG RORO SEKARTAJI


Assalamualaikum teman teman semuanya, nah teman teman kali ini saya akan menceritakan tentang legenda Asal Mula Negeri Lempur dari Jambi.

            Dahulu kala, di sebuah hutan belantara, berdiri Kerajaan Pamuncak Tiga Kaum. Kerajaan tersebut diperintah oleh tiga bersaudara, yaitu Pamuncak Rencong Talang, Pamuncak Tanjung Seri, dan Pamuncak Koto Tapus.
            Pada suatu ketika, hasil panen rakyat di wilayah kekuasaan Pamuncak Rencong Talang sungguh melimpah. Pamuncak Rencong Talang bermaksud mengadakan pesta panen dengan mengundang kerabat dan keluarganya. Karena tidak bisa hadir, maka Pamuncak Tanjung Seri mengutus istri dan kedua anaknya.
            Singkat cerita, mereka telah sampai di negeri Pamuncak Rencong Talang. Hari kenduri dan pesta panen pun tiba. Telah dirundingkan bahwa pesta akan diadakan selama tiga hari tiga malam. Pada malam ke tiga itu, hadirlah anak dara dari Pamuncak Tanjung Seri, yang menjadi incaran para pemuda. Dikisahkan bahwa pesta berlangsung dengan sangat meriah. Tak terasa ayam jantanpun telah berkokok berkali-kali.
Hari telah benar-benar larut. Akhirnya, si Ibu gadis itu mengajak anaknya pulang, namun, gadis itu tidak mengacuhkan panggilan ibunya. Ada seorang pemuda di dekatnya bertanya kepada gadis itu, siapa perempuan tua yang memanggilmu itu? Mendengar pertanyaan itu, maka gadis itu menjawab, “ oo.., perempuan itu adalah pembantu saya”. Sakit hati sang ibu mendengar hal itu. Keesokan harinya, mereka pulang. Dikisahkan ketika rombongan itu tiba didaerah antara pulau Sangkar dan Lolo yang berawa dan berlumpur. Maka berdoalah istri Pamuncak Tanjung Sari kepada Tuhan, agar anakanya yang durhaka itu ditelan oleh rawa lumpur. Rupanya doa itu dikabulkan oleh Tuhan. Sidara itu terjerat kakinya oleh rawa yang berlumpur itu, sehingga ia terbenam makin dalam. Ia menangis dan meminta tolong kepada ibu dan pegawainya. Namun, ibunya tiada mengacuhkan. “ aku bukan ibumu, aku hanyalah pembantumu”. Sigadis itu meraung sambil berkata, “ tolong ....., ibu, tooolong Ibu, aku tidak akan durhaka lagi kepadamu. Maafkanlah aku Ibu”. Ibunya tidak mau mendengar permintaan anaknya itu malah ia mengambil gelang dan selendang Jambi yang dipakai anaknya. Setelah diambilnya barang tersebut, maka tenggelamlah gadis tersebut.
Setelah kejadian itu, negeri itu dinamai oleh penduduknya dengan nama Lempur yang berasal dari kata Lumpur. Sementara itu, gelang tersebut dibuang di sebuah tebat, sehingga tebat tersebut dinamakan Tebat Gelang. Kemudian, kain panjang Jambi dibuang pula kedalam tebat lainnya, sehingga tebat itu diberi nama Tebat Jambi.

Nah teman teman, saya sudah menceritakan legenda Asal Mula Negeri Lempur. Agar tahu lebih dalam, mari kita jawab pertanyaan di bawah ini dengan jujur. Setelah itu kita bisa melihat kunci jawabannya.
1.      Siapa saja yang memerintah Kerajaan Pamuncak Tiga Kaum?
2.      Di mana tempat Kerajaan tersebut?
3.      Siapa yang di utus oleh Pamuncak Tanjung Seri untuk menghadiri pesta tersebut?
4.      Siapa yang menjadi incaran para pemuda?
5.      Siapa nama sigadis yang tenggelam?
6.      Siapa yang mendoakan si dara tenggelam dalam lumpur?
7.      Siapa nama Ayah si dara?
8.      Setelah kejadian tersebut, daerah itu diberi nama apa?
9.      Apa arti dari nama daerah Tebat Jambi?
10.  Apa nama Negeri tersebut setelah kejadian itu?

Kunci Jawaban
11.    Pamuncak Rencong Talang, Pamuncak Tanjung Seri, Pamuncak Koto Tapus
22.     Jambi
33.      Istri dari kedua anaknya
44.      Anak Dara
55.    Dara
66.      Ibunya
77.      Pamuncak Tanjung Sari
88.      Tebat Jambi
99.     Tebat adalah tempat ibunya membuang gelang dan jambi adalah tempat kerajaan tersebut
110.  Lempur

0 Response to "CERITA ASAL USUL NEGERI LEMPUR KARYA DIAJENG RORO SEKARTAJI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel