OUTDOOR LEARNING KARYA MISHELATHENA PRIMASKAH KURNIAWAN



OUTDOOR LEARNING
Tanggal 11 April tahun 2019, Jam menunjukan pukul 04.00 AM waktunya saya berangkat menuju SDN DITO 01 LMJ. Dengan memakai kaos berwarna oranye dan kerudung putih saya berangkat. Setelah saya sampai di sekolah kami pun melaksanakan sholat shubu dan berdoa semoga diberi kelancaran oleh Tuhan. Setelah itu kami melakukan upacara pembuka, kami pun diperkenakan memakai kartu tanda pengenal masing masing kelas mempunyai warna yang berbeda lho… dan akhirnya kami pun berangkat. Kami pun menaiki bus yang telah di tentukan. Tujuan kita hari ini adalah BHAKTI ALAM  tempat yang menyenangkan ya…
Aku sudah ada di dalam bis. Dan kami pun berangkat. Pak guru membagikan lembar kerja. Tak lama kemudian kami pun sampai di Bhakti alam pukul 09.26  tempatnya sangat luas bis kami pun menempati parkir kami pun turun secara bergantian dengan membawa tas yang sangat berat. Kami pun mencari tempat duduk untuk makan. Makanan sudah disediakan oleh paguyuban. Tanpa menunggu waktu lama kami menikmati sarapan itu tapi kita harus berdoa sebelum dan sesudah makan.
Kami menuju tempat loket dan berfoto bersama. Ketika kami masuk…. Waw tempatnya sangat asri. Kami pun di bagi berkelompok, dan kami pun berbaris tak lama kemudian ada kereta yang menjemput kami. Kami secara bergantian menaiki kereta secara bergantian. Keretanya lucu loh…. Lalu kami menuju tempat outdoor kami melaksanakan senam bersama banyak sekali yang kami lakukan bermain game sayangnya kelompokku kalah. Tapi kami tdk menyerah.
Setelah itu kami menaiki kereta lagi. Kami menuju tempat penanaman padi. Di sini kami belajar cara menanam padi kami memasuki lumpur seru sekali bukan… aku berhasil mananam padi dan kelihatanya teman temanku berhasil juga. Kami pun memasiki kolam untuk mencuci kaki dan tangan yang ditutupi lumpur.
Lalu kami menuju tempat memerah susu sapi. Waw sapinya besar ya… kami pun menaruh tas di tempat yang telah disediakan. EO dari bhakti alam pun menjelas kan bagaimana cara memerah susu sapi yang benar. Ternyata tidak sembarangan loh. Kami satu persatu berbaris dan mencoba memerah susu sapi. Aku pun selesai mencobanya. Seru sekali loh.
Setelah itu kami belajar biogas, disana juga diterangkan. Cara mengubah kotoran hewan menjadi energy alternative. Setelah belajar biogas aku dan teman teman berkeliling bhakti alam menggunakan kereta. Kereta itu membawa kami menuju HYDROPONIK. Sebelum itu kami melihat banyak sekali buah buahan seperti melon,kedongdong,kelengkeng,durian,buah naga,timun mas,sawo,apel banyak sekali loh… kami pun memasuki hydroponic aku memakan tester buah melon kuning enak sekali… kami melihat sayuran hydroponic yang dijual ada sayur tomat,selada,sledri,sawi,bayam dan banyak lagi lainya. Setelah selesai mengelilingi hydroponic, kami pun dibawa oleh traktor, yang membawa kami menuju Pawon Jawa. Aku dan teman teman menyicipi tester kripik ada kripik pisang dan kripik singkong banyak lagi loh…
Setelah kami membeli kripik kami pun dibawa menuju mushola untuk melaksanakan sholat dhuhur dan ashar. Setelah itu kami makan siang. Lalu kami menuju kolam berenang aku pun berenang bersama temanku. Setelah berenang kami pun mengganti baju kami. Dan segera berberes untuk persiapan pulang. Kami pun menuju bis yang telah di tentukan. Tak lama kemudian kita pulang dengan membawa oleh oleh yang banyak. Sebelunya kami berdoa untuk meminta keselamatan selama perjalanan.
Sambil perjalanan pulang kami menikmati snakc yang kami bawa. Lalu kami pun tertidur pulas. Hingga kami sampai rumah makan warung wong solo untuk makan malam. Makan malamnya enak loh. Setelah makan malam kami melanjutkan perjalanan menuju LUMAJANG kami pun lagi lagi tidur pulas. Hingga aku pun tak sadar sudah sampai wonorejo. Aku pun segera berberes. Setelah itu sampailah kami di SDN DITO 01. Kami pun pulang ke rumah masing masing. Seru sekali ya….
Bagaimana teman teman setelah membaca pengalaman saya?  Seru ya… teman teman pasti pernah kan outdoor bersama keluarga atau teman kalian coba ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ini…. Sampai jumpa di karya kami selanjutnya jangan sampai tertinggal ya….



0 Response to "OUTDOOR LEARNING KARYA MISHELATHENA PRIMASKAH KURNIAWAN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel