Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Kali ini kita akan belajar rangkaian seri dan paralel. Apakah kalian sudah mengerti apa itu rangkain seri dan paralel? Jika belum faham mari kita simak gambar berikut.

Rangkaian Seri

Rangkaian seri merupakan rangkaian listrik yang hambatannya disusun secara bersebelahan. Bisa juga rangkaian seri disebut rangkaian yang tidak memiliki cabang.


Pada rangkaian seri, kuat arus (I) akan mengalir dari sumber energi (baterai) yang ada dari satu hambatan ke hambatan lain melewati satu kabel. Perhatikan, deh, gambar di atas. Lalu, bayangkan ada aliran listrik yang mengalir mulai dari baterai, menuju hambatan/resistor 1, ke hambatan 2, lalu berputar dan kembali ke baterai. Iya, anggap aja aliran listrik ini kayak aliran air gitu.
 
Setelah membayangkannya, kamu pasti jadi sadar kalau untuk arus listrik yang melewati hambatan 1, nilainya akan sama besar dengan arus yang melewati hambatan 2.





Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang hambatannya disusun secara bertingkat/bercabang. Bisa juga rangkaian paralel adalah rangkaian yang memiliki cabang.


Nah, kelihatan nggak bedanya dengan rangkaian seri? Sekarang, bayangkan ada aliran listrik yang berjalan dari baterai, berjalan ke arah ke arah bawah menuju hambatan 1. Sesaat dia berada di persimpangan, si aliran listrik akan “memecah”. Ada yang masuk ke resistor 1, ada juga yang berjalan ke resistor 2. Itu artinya, kuat arus di kedua hambatan itu akan berbeda.

 Ya, karena terdapat “percabangan”, kuat arus listrik yang diterima oleh hambatan 1 dan hambatan 2 tidak akan sama. Alhasil, kuat arus sumber energinya akan sama dengan jumlah dari seluruh kuat arus semua hambatan.

Agar lebih faham kita lihat video pembelajaran berikut ini ya ....

TUGAS PETUALANGAN Si Cesa

  1. Apa fungsi batrai pada gambar?
  2. Apa fungsi penghatar pada rangakain listrik?
  3. Apa fungsi lampu pada rangkaian?
  4. Apa itu rangkaian seri?
  5. Buatlah gambar rangkaian listrik seri  dengan 4 lampu dan 3 batrai!
  6. Apa itu rangkaian paralel?
  7. Buatlah gambar rangkaian paralel seri  dengan 4 lampu dan 3 batrai!

PENILAIAN

  1. Tulis jawaban di buku catatan dengan rapi
  2. Kerapian dan kelengkapan gambar rangkaian listrik
  3. Beri kota nilai


Mari kita coba Quizizz ini bersama teman-teman kita (kelompok). Klik di sini


0 Response to "Rangkaian Listrik Seri dan Paralel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel