KEGIATAN PONDOK RAMADHAN KARYA MISHELATHENA



Kegiatanku selama bulan Ramadhan

Tanggal 28 Mei 2019, sekolah saya sedang mengadakan acara yang di sebut Pondok Romadhon. Pada Romadhon ke 23 saya masuk sekolah pukul 06.15 sampai di sekolah pukul 06.25. setelah sampai di kelas, saya berdoa lalu persiapan untuk berangkat ke musholah untuk sholat dhuha.
Setelah sampai di musholah saya mengambil wudhu lalu mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat dhuha. Di ikuti oleh ustadzah khuzaimah. Sholat dhuha dilakukan secara sendiri. Saya pun melaksanakan sholat dhuha dengan khusyuk.
Setelah sholat dhuha. Kami duduk di dalam musholah untuk mendengarkan ceramah dari ustadzah khuzaimah. Bertemakan menghormati guru dan orang tua. Berikut ini ringkasan ceramah ustadzah khuzaimah.
                Jika bertemu guru harus menyapa,mengucapkan salam atau bersalaman
                Guru harus dihormati karena guru dalah pengganti orang tua. Orang tua pun harus dihormati karena sudah membesarkan kita. Ibu harus di hormati karena beliau yang sudah membesarkan kita merawat kita. Ibu kita adalah orang yang pembohong coba kalian tanyakan kepada ibu “ibu apakah ibu lapar?” pasti ibu menjawab “tidak” karena demi siapa? Demi anaknya yaitu kita ibu akan makan setelah kita kenyang ibu akan tidur setelah kita tidur. Itulah ibu kita.
Diatas adalah ringkasan dari ceramah ustadzah khuzaimah. Yang kedua adalah uztadzah fiyandari.  Yang bertemakan tentang Puasa dan Zakat. Berikut ini adalah ringkasan dari ceramahnya.
 Puasa adalah menahan diri dari lapar dan dahaga.
Syarat puasa:
1.    Islam
2.    Tidak gila
3.    Suci
Syarat wajib puasa:
1.    Islam
2.    Berakhlak
3.    Balig
Hal hal yang membatalkan puasa:
1.    Makan dan minum dengan sengaja
2.    Muntah dengan sengaja
3.    Halangan
Hal hal yang menambah pahala:
1.    Tadarus Al Quran
2.    Itikaf
3.    Shalat dhuha/tarawih/berzikir
Itu adalah ringkasan dari ustadzah fiyan. Selanjutnya yang ceramah adalah ustadzah Ervin . berikut ceramahnya. Yang bertemakan tentang tata cara berwudhu.
Menurut hadist tata cara berwudu adalah fardhunya berwudu
Di bagi 6 :
1.    Niat ketika membasuh muka di hati
2.    Membasuh muka
3.    Membasuh kedua tangan sampai siku
4.    Mengusap sebagian kepala
5.    Membasuh kedua kaki sampai mata kaki
6.    Tertib dan urut


Setelah itu ustadzah maya berceramah seperti di bawah ini yang bertemakan Lailatul Qadar.
Malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Lailatul Qadar malam yang terakhir di bulan ganjil. Pada malam Qadar pahalanya dilipat gandakan.
Setelah itu kami pulang ke rumah masing masing dan beristirahat
Setelah beristirahat kami kembali ke sekolah pukul 03.00 dan sholat berjamaah
Setelah itu kami masuk ke dalam kelas 1 dan tadarus bersama ustazd Abdillah
Setelah tadarus kami di beri kesempatan untuk istirahat sambil menunggu waktu berbuka ada sebagian teman teman yang membagikan takjil. Tak terasa azan magrib berkumandang sudah saat nya untuk berbuka kami pun minum air putih lalu sholat setelah sholat kami berbuka dengan makanan yang telah di pesan. Setelah berbuka kami main kembang api bersama Pak Bakri. Setelah bermain kami sholat isyak dan sholat terawih secara berjamaah. Setelah sholat kami di perbolehkan pulang ke rumah masing masing.


0 Response to "KEGIATAN PONDOK RAMADHAN KARYA MISHELATHENA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel