PONDOK RAMADHAN YANG MENYENANGKAN KARYA AQILAH PUTRI FIRDAUS



Assalamualaikum Wr. Wb.
Teman teman perkenalkan nama saya Aqilah putri firdaus sekolah di SDN ditotrunan 01. Kali ini saya akan bercerita tentang kegiatanku saat pondok Ramadhan.

Ramadhan di sekolah yang menyenangkan

Pada bulan Ramadhan yang ke 23 sekolah saya mengadakan Pondok Ramadhan. Pada pagi hari saya berangkat ke sekolah pukul 06.15 dan sampai di sekolah pukul 06.30, ternyata sudah ada teman saya yang dating yaitu Iqtara, wanda, dan Maya. Sebelum Pondok Ramadhan dimulai kami harus berdoa terlebih dahulu di kelas, setelah berdoa kemudian kami menuju musholah untuk shalat dhuha dan dilanjutkan dengan acara ceramah.
Setelah sampai di musholah kami melaksanakan ibadah shalat, yaitu shalat dhuha. Shalt dhuha dipimpin oleh ustazdah khuzaimah. Shlat dhuha dilakukan munfarid atau sendirian. Tapi ustazdah saya menyuruh shalat bersama sama, Tapi sendiri sendiri. Setelah shalat dhuha dilanjutkan dengan ceramah. ringkasan Ceramah yang saya dengarkan sebagai berikut.
    Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah.
Jika bertemu guru harus menyapa mengucapkan salam atau bersalaman. Guru harus dihormati karena merupakan pengganti orang tua , orang tuapun harus dihormatio karena yang membesarkan kita. Ibu harus dihormati karena beliau yang melahirkan kita, kasih sayang ibu kepada kita selamanya. Ibu kita berbohong demi anaknya, ibu bekerja 24 jam demi kita tanpa mengenal lelah, kepada orang tua harus patuh dan menghormatinya.
Semua perempuan pasti mengalami tanda tanda dewasa. Jika perempuan mengalami tanda tanda dewasa tidak boleh melakukan ibadah. Kalau sudah berwarna harus bilang ke ibu. Sehari semalam kita shalat 5 waktu yaitu, subuh, dzhuhur, asar, magrib, dan isyak.
Setelah itu ceramah dilanjutkan oleh ustazdah Fiyan. Tema ceramah yang disampaikannya adalah puasa dan zakat. Berikut ceramah ustazdah Fiyan
    Puasa adalah menahan diri dari lapar dan dahaga mulai waktu terbit fajar sampai terbenamnya matahari.
Syarat puasa
1.  Islam
2.  Tidak gila
3.  Suci
Syarat wajib puasa
1.  Islam
2.  Berakhlak
3.  Balig
Hal hal yang membatalkan puasa
1.  Makan dan minum disengaja
2.  Muntah dengan sengaja
3.  Halangan
Hal hal yang menambah pahala
1.  Tadarus al quran
2.  I`tikaf
3.  Shalat dhuha/tarawih/berzikir
Zakat sejumlah harta tertentu yang diwajibka allah untuk diserahkan kepada orang yang berhak.
Zakat dibagi 2
1.  Zakat fitrah
2.  Zakat ma`al
Setelah ceramah ustazdah Fian bertanya kepada santri santrinya
Setelah bertanya dilanjutkan oelah ustazdah Ervin yang berceramah dengan tema tata cara berwudhu . ceramahnya sebagai berikut
      Menurut hadist tata cara berwudhu adalah fardhunya berwudhu, dibagi 
1.  Niat ketika membasuh muka dihati
2.  Membasuh muka
3.  Membasuh kedua tangan sampai siku
4.  Mengusap sebagian kepala
5.  Membasuh kedua kaki sampai mata kaki
6.  Tertib dan urut

Setelah itu dilanjutkan oleh ustazdah Maya dengan tema lailatul qadar dan shalat. Sebaiknya kita harus memafaatkan dengan baik pada malam lailatul qadar. Lailatul qadar merupakan malam kemuliaan. Setelah itu kami pulang ke rumah untuk beristirahat.


Setelah pulang ke rumah saya kembali ke sekolah pukul 02.30. ternyata saat saya kembali di sekolah sudah ada teman yang dating yaitui Iqtar, dinar, Lailatul. Kemudian saya masuk ke ruangannya. Dan mengaji bersama ustazd Abdillah. Kemudian kami bedah tajwid. Setelah itu kami diberi waktu istirahat sambil menunggu waktu berbuka.
Kemudian sambil menunggu waktu berbuka kami bersiap siap untuk berbuka dengan membagi takjil. Tak terasa magrib pun tiba seluruh santri makan takjil kemudian shalat magrib berjamaah. Setelah shalat kami pun berbuka puasa dengan makan menu ang sudah dipesan. Setelah makan kita bermain kembang api bersama sama. Lalu kami shalat tarawih dan isyak.Setelah itu kami boleh pulang.      

sekian dari cerita saya di bulan Ramadhan, mohon maaf apabila ada kesalahan perkataan. 
Wassalamualaikum Wr. Wb.  

0 Response to "PONDOK RAMADHAN YANG MENYENANGKAN KARYA AQILAH PUTRI FIRDAUS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel