KEGIATAN SAAT PONDOK RAMADHAN KELAS 5 KARYA DIAJENG RORO SEKARTAJI


Assalamualaikum teman teman. Sebelum liburan telah tiba, saya ingin bercerita tentang Pondok Ramadhan saat kelas 5 pada tanggal 29 Mei 2019. Berikut cerita saya. Simak ya!.


          Kemarin, pada tanggal 29 Mei 2019, kelas 5 mengadakan Pondok Ramadhan. Saat pagi hari, sekitar jam 07.30, saya dengan teman kelas 5 saya, sedang sholat dhuha di mushola belakang. Setelah sholat dhuha, kami semua merapikan mukenah kami, lalu mengambail buku dan alat tulis kami, untuk menulis hal hal penting yang di bacakan oleh ustadzah kami. Yang pertama menjelaskan materi adalah, ustadzah khuszaimah. Beliau memberikan materi tentang hormat kepada orang tua dan guru. Setelah beliau sudah menjelaskan materi, kita dipersilahkan untuk istirahat. Setelah kami semua istirahat, kami kembali di jelaskan tentang materi puasa dan zakat yang dijelaskan oleh ustadzah Fian. Yang ketiga, kami bersama ustadzah Ervin yang menjelaskan tentang tata cara wudhu. Kami sudah dijelaskan tentang tata cara wudhu yang paling tepat. Yang ke tiga kami dijelaskan tentang Lailatul Qodr dan sholat oleh ustadzah Maya. Kami di beri materi sampai jam 11.30. Tak lama, terdengar suara adzan dhuhur. Kami bergegas mengambil wudhu lalu sholat berjamaah. Setelah itu, kami beres-beres untuk istirahat dirumah sejenak selama 2,5 jam, lalu kami harus kembali lagi ke sekolah untuk melanjutkan kegiatan pondok ramadhan.

          Waktu pun berlalu, sudah waktunya saya untuk kembali ke sekolah untuk melanjutkan kegiatan pondok ramadhan. Yang pertama kami sholat ashar berjamaah. Setelah itu kami masuk ke ruangan kelas 1 untuk tadarus dan belajar tajwid dari surat Ali-Imron ayat 10 sampai dengan 23. Kami semua pun membaca Al-Qur’an bersama sama sampai jam 16.30 tiba. Setelah jam 16.30 tiba, kami semua kelas 5A berada di kelas 3C untuk menunggu adzan maghrib berkumandang. Sambil guru kami bercerita, tiba tiba makanan datang, tetapi hanya menu spesial saja. Akhirnya yang menu nikmat harus sabar terlebih dahulu karena mobil yang mengangkut menu nikmat tersebut, sedang macet di jalan. Sambil menunggu, kami kelas 5A keluar ke halaman. Sebagian anak, disuruh membagi takjil kepada orang sekitar. Dan akhirnya, menu nikmat sudah datang!. Alhamdullillah, akhirnya kami semua masuk ke kelas kembali untuk membagi makanan dan minuman yang sudah disediakan. Tiba tiba, “Allahuakbar,Allahuakbar”. Horeee, suara adzan maghrib sudah berkumandang. Akhirnya kami pun berdo’a bersama sama. Setelah berdo’a kami pun minum dahulu, lalu kami disuruh untuk sholat maghrib terlebih dahulu. Setelah sholat maghrib, kami pun menyantap makanan bersama sama.
          Setelah kami semua sudah kenyang, sebagian anak ternyata sudah keluar, sebab apa? Sebab, guru kami sedang menyalakan kembang api. Seru bukan? Sangat seru lahh. Tak lama kemudian, suara adzan isya’ sedang berkumandang. Kami pun bergegas untuk wudhu di mushola belakang. Setelah itu, kami menjalankan sholat isya’ dan tarawih serta sholat witir. Sholat tarawih dilakukan 8 rakaat 4 kali salam. Setelah kami semua sudah menjalan sholat isya’, tarawih, dan witir, kami diperbolehkan untuk beres beres. Lalu ke kelas kembali untuk berdo’a, lalu salam kepada bapak ibu guru. Artinya, kami sudah boleh pulang bertemu keluarga kami!. Alhamdulillah, pondok ramadhan ini berjalan dengan lancar.
          Dari pondok ramadhan kali ini, saya bisa mengambil ilmu lebih banyak lagi dalam sholat, hormat kepada orang tua serta guru, puasa, zakat, lailatul qodr dengan lebih dalam.

Terimakasih sudah membaca cerita saya.
Assalamualaikum.

0 Response to "KEGIATAN SAAT PONDOK RAMADHAN KELAS 5 KARYA DIAJENG RORO SEKARTAJI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel